Download!Download Apps for FREE!!!

Cara Membuat Mug Custom dengan Teknik Sublimasi

Mug adalah salah satu barang sehari-hari yang berguna sebagai wadah minuman. Tak heran jika saat ini mulai bermunculan mug yang didesain secara khusus. Masyarakat menggunakan mug sebagai kado ulang tahun, souvenir pernikahan, hadiah seminar, dan lain-lain. Mug akan dibuat menarik yang akan memberikan kesan unik dan cantik. Untuk souvenir, mug dibuat dengan menyertakan nama atau logo perusahaan.

Bisnis mug printing saat ini sedang tinggi. Hal itu dikarenakan harga mug yang murah dan dapat dibuat custom dengan teknologi yang semakin canggih. Melihat tingginya pasar, banyak orang yang mulai menjual mug dan mempelajari teknik pembuatannya. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai akhir ya.

Bahan Mug dan Cara Membuat Mug Custom dengan Teknik Sublimasi

Dalam pembuatan mug custom terdapat teknik printing yang umumnya digunakan untuk mencetak bahan keras, yaitu teknik sublimasi. Pemilihan alat sablon akan berpengaruh pada lancarnya bisnis yang saat ini akan Anda selami. Inilah alat dan bahan pembuatan mug custom:

  • Printer Epson
  • Tinta sublimasi CMYK
  • Kertas sublimasi
  • Mug polos yang sudah dicoating
  • Mesin press mug
  • File siap cetak

Setelah menyiapkan alat dan bahan pembuatannya, Anda dapat langsung masuk ke tahap pembuatan mug dengan teknik sublimasi. Yuk perhatikan langkah-langkah berikut agar hasilnya sesuai dan cantik:

  1. Siapkan desain gambar yang ingin Anda sablon di dalam mug. Anda dapat membuatnya menggunakan software edit photo seperti photoshop, coreldraw, atau ilustrator. Ukuran desain mug umumnya sekitar 8 x 20 cm dengan resolusi gambar 30 px/cm.
  2. Cetak gambar tersebut dalam kertas sublime yang telah Anda sediakan. Untuk hasil terbaik gunakan print mirror image. Tunggu proses print selesai.
  3. Setelah selesai proses print, gunting dan potong gambar sesuai hasil desain.
  4. Nyalakan mesin press mug dan atur suhu menjadi 180 derajat
  5. Siapkan mug polos yang telah dicoating. Gambar atau kertas sublimasi yang telah dipotong tadi diletakkan dipermukaan mug dengan sisi gambar menempel pada mug.
  6. Untuk melekatkan gambar, gunakan lakban anti panas atau stiker vinyl agar gambar tidak bergeser.
  7. Letakkan mug ke dalam mesin heat press dan tunggu hingga selesai sesuai timer.
  8. Setelah selesai, keluarkan mug dari mesin heatpress dan lepaskan kertas sublimasi secara perlahan
  9. Sablon mug sudah selesai.

 

Kalian Bisa Juga melihat Video Tutorial Priting Mug Custom dibawah :

 

Berikut merupakan contoh desain mug yang dapat dijadikan referensi.

mug

 








Add a Comment

Your email address will not be published.