Download!Download Apps for FREE!!!

Dasar Pemrograman Web

pemrograman web ialah proses pembuatan instruksi-instruksi untuk menciptakan program/aplikasi berbasis internet yang dapat diakses melalui browser. Contoh dari pemrograman web itu sendiri yakni: gmail, facebook, tumblr, dll.

Berikut ini merupakan jenis-jenis website berdasarkan bentuknya.

1.Website Statis

Website statis merupakan halaman web yang jarang atau bahkan tidak diperbaharui oleh pemilik situs dalam kurun waktu tertentu. Dapat dikatakan, konten yang berada pada website statis akan tetap sama sejak website tersebut dibuat.

Contoh dari web statis seperti: profil perusahaan. Dalam laman ini tidak ada interaksi antara pengelola web dengan pengguna web. Oleh karena itu, jika memang dibutuhkan perubahan pada laman web ini, pengelola website akan menghubungi web designer atau web programmer.

2.Website Dinamis

Sedangkan konten pada website dinamis dapat diperbaharui dalam kurun waktu tertentu. Dalam website dinamis, pengelola atau pemilik website menyediakan ruang interaksi antara pengelola dan pengguna website, bisa dalam bentuk kolom komentar, tombol reaksi, dan tombol share.

Sehingga, laman pada website dapat diperbaharui baik oleh pemilik website maupun oleh pengguna website. Contoh platform website dinamis ini diantaranya, Blogger, Tumblr, dan website-website berita. Meskipun platform tersebut sebenarnya juga bisa digunakan untuk membuat website statis.

3.Website Interaktif

Website interaktif juga merupakan website yang lamannya dapat diperbaharui, baik oleh pengelola website atau oleh pengguna website. Hal yang membedakannya dengan website dinamis ialah intensitas pembaharuan laman, yang mana website interaktif sangat sering mengalami pembaharuan.

Hal ini juga diakibatkan oleh tingginya intensitas penggunaan website, sehingga interaksi yang terjadi dalam website semakin tinggi. Contoh website interaktif diantaranya: Facebook, Youtube, Twitter, Shopee, dan masih banyak lagi.

Bahasa Pemrograman Web

macam-macam bahasa pemrograman
macam-macam bahasa pemrograman

Pemrograman web kini menjadi salah satu cabang besar dalam dunia programming. Oleh karenanya, kini ada banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat atau mengembangkan sebuah website.

Bahasa pemrograman ialah kata-kata yang berperan sebagai instruksi yang dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman merupakan ilmu yang wajib dikuasai oleh web designer untuk membuat sebuah website atau aplikasi. Berikut ini merupakan beberapa contoh bahasa pemrograman yang lazim digunakan dalam pemrograman web:

  • HTML: HTML merupakan dasar pembuatan setiap website. Untuk membentuk sebuah website, HTML berperan dalam pembentukan struktur halaman website.
  • CSS: CSS merupakan kunci yang membedakan sebuah website dengan website yang lain, karena CSS berfungsi untuk membuat tampilan laman menjad lebih menarik.
  • PHP: PHP merupakan server side scripting yang digunakan untuk memprogram dan mengembangkan sebuah situs, biasanya digunakan bersama HTML. PHP dirancang untuk pembuatan website dinamis.
  • JAVA SCRIPT: Java script berguna bagi kalian yang membutuhkan fitur interaksi pada website kalian, sehingga website dapat secara aktif menjadi media interaktif.








2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.