Download!Download Apps for FREE!!!

Membuat Efek Transisi di Premiere Pro

Manipulasi Video Dengan Menggunakan Fitur-Fitur Perangkat Lunak Pengolah Video

Adobe Premiere Pro memiliki fitur – fitur penting, antara lain Capture (perekam video) Monitor, Trim (alat pemotong klip) Monitor, dan Titler (Pembuat teks judul) Monitor. Pada efek-efek video Adobe Premiere Pro terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe After Effects ( cara menganimasikannya juga hampir sama ). Pada Titler, anda bisa membuat teks judul/title dan mengubah properti dari teks itu seperti mengubah bentuk huruf, memberi dan mengubah warna, memberi kontur, garis luar (outline), membuat animasi pergerakan atau animasi teks berjalan (roll and/or crawl), bisa juga untuk memberi shapes/bangun datar agar tampilan judul/teks video terlihat lebih menarik. Tahap terakhir adalah export/output/menyimpan proyek dalam bentuk video dan didistribusikan ke berbagai media yang bisa menampilkan format video.

Transisi adalah perpindahan video dari 1 klip ke klip berikutnya. Transisi digunakan agar ketika perpindahan video tidak patah atau menjadikan perpindahan video lebih halus tetapi tidak setiap video diberikan transisi atau dengan kata lain transisi digunakan pada moment-moment tertentu saja sesuai keinginan sang editor.

Ada banyak Effects Video Transisi. Ada beberapa sifat umum dari transisi video : Lamanya transisi, Penjajaran, Mulai dan akhir transisi.

Langkah Transisi Video sederhana Adobe Pemiere Cs6 

Langkah pertama adalah jalankan aplikasi Adoabe Premier Pro Cs6, Maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

Lngkah 2

Masukkan video yang akan diedit (minimal 2 video atau lebih)

Langkah 3

Pilih Menu Effects – Klik Video Transitions → lalu pilih efek yang diinginkan.

Disini yang akan kita pilih efek yaitu ada di difolder masing-masih salah 1 contoh di folder Dissolve → pilih Dissolve. (efek ditentukan sesuai selera masing-masing). Lalu drag/seret efeknya ke potongan video maka selesai membuat tansisi video.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa langsung melihat video tutorial nya dibawah ini :

Terima kasih. Semoga bermanfaat








Add a Comment

Your email address will not be published.