Download!Download Apps for FREE!!!

Perakitan Komputer

A. Komponen Merakit Komputer

Dimateri ini selain kita merakit komputer kita juga harus mengenal semua jenis-jenis komponen komputer yang ada. Komponen dasar yang dibutuhkan agar komputer berfungsi :

  1. Processor/CPU
    Dapat dikatakan otak komputer karena processor berfungsi mengatur semua pekerjaan yang dilakukan sebuah komputer. Processor biasanya disebut juga Central Processing Unit (CPU)
  2. Motherboard
    Motherboard adalah Papan Sirkuit tempat berbagai komponen elektrik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan bisa disingkat data kata mobo.Motherboard atau disebut juga dengan papan induk komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen Pc akan disatukan.
  3. RAM/Memory
    Merupakan media penyimpanan data sementara pada komputer, setiap program dan data yang sedang di prosese oleh Processor akan disimpan di dalam RAM (dengan kata lain, saat komputer itu masih hidup)
  4. CPU Cooler/Heatsink
    Komponen pendingin yang utama dalam komputer untuk mendingin bagian komponen komputer yang menyala dalam waktu yang lama. jika panas yang dihasilkan tidak dapat diatasi maka dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada beberapa komponen komputer.
  5. VGA Card
    VGA card ini biasa dinamakan juga dengan video card, video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapater. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor .
  6. Harddisk
    adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis, media penyimpanan data dengan kapasitas memori yang besar untuk menyimpan sistem operasi dan menyimpan data-data pekerjaan kita.
  7. Optical Drive
    Merupakan perangkat keras menyimpan data dengan media penyimpanan berupa kepingan CD/DVD dan menggunakan teknologi optik teknologi yang diputarkan adalah media kaset, kaset yang digunakan untuk menulis dan membaca data.
  8. Casing
    Merupakan komponen yang digunakan untuk melindungi komponen-komponen hardware dalam CPU agar aman dari gangguan luar yang dapat merusak komponen-komponen tersebut seperti debu, air dan lainnya.
  9. Power Supply
    Berfungsi sebagai penyuplai tenaga listrik pada Motherboard dan beberapa peripheral lainnya yang ada di dalam cassing. ada dua jenis power supplay yang sering digunakan yaitu model AT dan model ATX.
  10. Kabel data dan Kabel Power
    Berfungsi untuk menghubungkan semua perangkat hardware sehingga menunjang kinerja komputer secara keseluruhan.
  11. Monitor
    Merupakan sebuah media keluaran (output) yang membentuk gambar visualisasi tampilan sistem operasi yang digunakan.
  12. Keyboard dan Mouse
    Merupakan alat masukan (input), bila device ini tidak ada, maka anda tidak akan bisa bekerja pada PC
  13. Baut dan Toolkit
    Baut-baut dan Toolkit (Seperti Obeng dan tang) berguna dalam merakit komputer, agar semua komponen komputer terpasang dengan baik.

B. Merakit Komputer

Langkah – langkah untuk merakit komputer sebagai berikut :

1. Pasang prosesor pada motherboard

Akan lebih baik untuk memasang prosesor terlebih dahulu sebelum memasang motherboard karena lebih mudah untuk memasang. Untuk memasang prosesor pada motherboard:

  • Pertama, kami menentukan posisi pin 1 pada prosesor dan soket prosesor pada motherboard, yang biasanya di area terpojok.
  • Angkat tuas pengunci soket sehingga terbuka
  • Sesuaikan posisi kaki prosesor dengan lubang soket. Jika ya, dorong prosesor ke dalam soket hingga terpasang dengan benar.
  • Kunci lagi dengan tuas pengunci.
processor
processor

2. Pasang motherboard

Untuk memasang motherboard di casing, tempatkan motherboard di casing, sesuaikan lubang antara casing dan lubang motherboard, dan kunci dengan sekrup.

motherboard
motherboard

3. Pasang pendingin atau heatsink

Setelah memasang prosesor, pasang heatsink untuk mencegah prosesor memanas. Unit pendingin ini ditempatkan pada prosesor dan dilengkapi dengan perangkat penahan agar tidak lepas. Pertama lapisi pendingin dengan gel konduktif (penghantar) panas. Jika heatsink Anda memiliki kipas, konektor daya kipas / kipas tersambung ke motherboard.

heatsink
heatsink

4. Memasang Memori RAM

Memasang Ram tidak lah sesulit memasang modul yang lainnya, kalian hanya sekedar membuka tuas tempat Ram menempel seperti gambar dibawah ini, jika RAM sudah dimasukan dalam posisi yang benar dan rata kemudian tutup atau kunci kembali tuas pada mainboard tempat dipasangnya RAm tadi

RAM
Gambar RAM Komputer

5. Pasang catu daya atau Power Supply

Ketika kita membeli sebuah casing, biasanya power supply sudah terpasang. Nah, jika power supply tidak terpasang, cara memasangnya, yaitu:

  • Tempatkan power supply di belakang casing dan kencangkan dengan sekrup.
  • Pasang konektor daya dari power supply ke motherboard bersama dengan kabel-kabelnya.
power-supply
power-supply

6. Pasang kabel motherboard dan casing

  • Pasang kabel koneksi IDE primer dan sekunder pada motherboard.
  • Untuk motherboard non-ATX, sambungkan kabel koneksi serial dan paralel ke konektor pada motherboard.
  • Ada lubang di bagian belakang casing tempat konektor tambahan tanpa slot dapat dimasukkan. Buka terminal lubang tertutup dari pelat pengunci sekrup, masukkan terminal yang akan dipasang, dan pasang kembali sekrup.
  • Sambungkan kabel koneksi mouse dan keyboard ke motherboard.
  • Koneksi kabel lainnya seperti LED, speaker internal, dan port pada casing komputer.
kabel-motherboard
kabel-motherboard

7. Pasang drive

Cara memasang drive seperti hard disk, CD-ROM / DVD-ROM :

  • Masukkan drive ke casing dari depan. Pertama, sesuaikan pengaturan jumper (seperti Master atau Slave) pada drive, dan kemudian pasang sekrup agar drive tidak kendur.
  • Sambungkan kabel IDE ke drive dan konektor pada motherboard (konektor utama akan digunakan terlebih dahulu).
  • Ketika kabel IDE terhubung ke 2 (dua) drive, drive pertama ditetapkan sebagai master dan yang lainnya sebagai slave sebagai pengaturan jumper.
  • Dua drive tambahan dapat dihubungkan melalui konektor IDE sekunder pada motherboard.
  • Sambungkan kabel daya dari catu daya setiap drive.
CD
CD
harddisk
harddisk

 8. Pasang Card Adapter

Card Adapter yang biasanya dipasang adalah kartu suara, kartu video, modem, dan adaptor SCSI. Metode pemasangannya adalah: Masukkan adaptor kartu ke slot yang tersedia pada motherboard, tekan hingga konektornya sepenuhnya dimasukkan, dan kemudian masukkan sekrup sebagai kartu cadangan.

Card Adapter
Card Adapter

9. Fase terakhir dari rakitan komputer

Ketika semua langkah dalam unit komputer telah selesai, tutupi dengan selubung dan sekrup. Sambungkan kabel dari adaptor AC ke outlet dinding dan sambungkan konektor monitor ke konektor kartu grafis, konektor kabel keyboard, dan konektor mouse ke konektor mouse.

10. Tinjau hasil unit komputer

Setelah komputer terpasang, kita meninjau dan menguji hasilnya dengan program BIOS. Metodenya adalah:

  • Nyalakan komputer dan monitor, lihat layar monitor, dan perhatikan suara melalui speaker.
  • Sekarang program Bios Fost secara otomatis mendeteksi perangkat keras yang diinstal pada komputer.
  • Buat pengaturan untuk kapasitas hard disk dan urutan boot.
  • Setelah Anda menyimpan pengaturan dan menyelesaikan Pengaturan BIOS, komputer memuat sistem operasi dengan urutan pencarian yang cocok dengan pengaturan urutan boot di Bios.
  • Masukkan CD yang dapat di-boot berisi sistem operasi ke dalam drive pencarian.

11. Solusi jika Anda mengalami masalah dengan hasil perakitan komputer

  • Nyalakan komputer. Jika komputer dan monitor tidak dinyalakan, periksa apakah kabel listrik sudah terhubung ke stopkontak.
  • Saat jam dihidupkan, hitam / warna muncul di layar. Pasti ada kesalahan. Saat CPU berbunyi bip, perbaiki lokasi RAM / memori dalam soket.
  • Jika adaptor kartu tidak dikenali, periksa apakah adaptor kartu terpasang dengan benar di slot atau tidak.
  • Jika LED pada HDD atau CD menyala, periksa apakah konektor terhubung atau tidak.








Add a Comment

Your email address will not be published.